Rabu, 06 April 2011

pemahaman akuntan terhadap standar akuntansi internasional

Pemahaman tenaga akuntan di Indonesia terhadap standar akuntansi internasional masih minim. Hal itu disebabkan pengetahuan mengenai istilah akuntansi itu sendiri juga masih terbatas. Para akuntan juga masih kesulitan untuk mengadaptasi dan mengadopsi standar akuntansi internasional.
Untuk itu, penyusunan kamus akuntansi Indonesia yang bisa mengadopsi standar-standar akuntansi internasional mendesak untuk dibuat. "Pemahaman para akuntan terhadap standar-standar akuntansi internasional masih minim sehingga kamus akuntansi Indonesia mendesak untuk dibuat," papar Prof Dr Indra Bastian MBA Akt.
Ditambahkan, sampai saat ini memang belum ada kamus akuntansi Indonesia. Padahal, konvergensi terhadap Internasional Financial Reporting Standards (IFRS) membawa dampak yang luas terhadap pengembangan akuntansi di Indonesia, baik secara praktik maupun akademik.
Konvergensi itu mempengaruhi pakem teori akuntansi di Indonesia, yang berdampak pada perubahan dalam penyusunan laporan keuangan entitas. Terlebih dominasi para praktisi yang tergabung dalam Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) membuat adaptasi IFRS hampir tanpa filter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar